Jumat, 18 Januari 2013

Banjir jakarta -januari 2013

Aku lagi ngebaca, bahkan nonton tivi tentang banjir dijakarta. Satu, aku sedih. Secara gak lagsung banyak banget yang kehilangan barang, rumah, ataupun bisa aja nyawa. Tapi yang mengherankan, kalau jakarta itu tahun lalu gak separah ini. Masih dalam batas yang menurut aku biasa aja. Sekarang? Astaga. Aku ngeliat di blog berita pas ngelog-in indischool, dan gambar human interest nya kebanyakan rumah yang emang udah terendam semuanya. Ya yang tersisa cuman kayak genteng dan lantai dua rumah itu udah sama kayak lantai satu dan banjir itu seolah olah tanah. Mengerikan. Tapi, kalau dalam perkataan aku, sebenarnya itu kan tempat aliran air? Seharusnya kan begitu. Bayangkan, semakin luas tempat peraliran air, ya gak tinggi genangan nya. Mau uji coba? Coba aja coba ngalirin air dibotol mineral yang ukuran nya sedang. Tapi sebelumnya dibelah jadi dua. Dari atas, ke bawah. Setelah itu kamu buat lagi dari botol mineral yang lebih besar. Beda kan aliran nya? Walaupun sama sama deras, tapi ruang geraknya jauh lebih luas. Jadi, air gak setinggi itu. Bayangkan dengan tempat perairan di jakarta yang mirip kayak botol air mineral itu. Ya baguskalau emang tempat itu luas. Tapi nyatanya? Kita gakpernah tau. Awalnya pasti mungkin sama kayak botol yang besar. Tapi jangan lupa sama keadaan disekeliling tempat itu. Bukan nya tempat aliran air bawaan dari bogor itu ditempati sama masyarakat kecil yang gak punya lahan untuk tinggal? Bukan salah pemerintah. Bukan salah alam. Memang kenyataan nya begitu. Aku pernah ngenonton tv tentang warga ciliwung yang emang tinggal di tempat yang gak layak. Tapi apa kata mereka? Ini terpaksa? Tapi kenapa harus didirikan ditempat seperti itu? Seharusnya mereka berpikir satu dua kali. Hal itu membahayakan atau merugikan gak. Kalau endingnya marahin pemerintah, percuma bos. Kalau gak ada kesadaran dari kita sendiri, gimana pemerintah bisa ngerubah ibu kota negara indonesia yang sekarang penuh dengan air cokelat itu hah? Dan, masyarakat di kota itu ternyata gak semuanya bersih dan peduli sama lingkungan. Kita lihat aja. Dari banjir banjir itu, masih aja banyak sampah yang ngapung. Kalau bukan sampah yang ngehalangi jalan nya air, trus apa yang ngehalangin aliran air itu? Semua tulisan aku diatas, bukan untuk ngejelekin bangsa indonesia yang sangat kasihan ini. Bahkan siwon super junior ngebuat hastag di salah satu tweetnya #prayforjakarta. Sebenarnya aku senang karena dia masih peduli dan tau tentang kondisi indonesia. Padahal aku kira orang korea itu cuman 10 persen aja yang tahu tentang indonesia sebelum kedatangan artis artis kpop yang ngadain konser dan yang lebih aku kasihan nya, kebanjiran di jakarta udah didengar sampai ke korea. Siwon yang terkenal ke seluruh dunia itu pasti secara gak langsung ngeberi tahu sama fans fans nya kalau jakarta lagi kena musibah. Mungkin banyak yang berdoa, banyak yang simpati, atau cuman bisa bilang “how poor indonesia” kita bakalan tahu sudut pandang mereka. Tapi yang aku tahu jelas, masalah ini hampir atau mungkin aja udah mendunia. Aku cuman berharap, ibukota negara yang merupakan lokasi liburan aku yang paling kece kedua setelah bali bisa cepat reda masalahnya. Banjirnya selesai, gak ada korban jiwa, dan lebih baik gak ada lagi banjir untuk tahun mendatang. Well, ambil aja kesimpulan yang emang bener bener baik untuk kita semua, yang emang baik dan gak ada sisi negatifnya. Aku cuman bisa berharap, dan berdoa semoga jadi yang terbaik.

Tidak ada komentar: