Selasa, 01 Februari 2011

progamer dan hacker

Hay teman-teman BLOGER. makasih sudah mau sejenak berkunjung ke blog saya, mungkin teman-teman yang ingin jadi programer seperti saya bisa sharing bareng, selagi masih muda gunakan ilmu itu sebaik mungkin (Learning By Doing).
Sekarang tutup buku dan tutup mata mengenai teori-teori programming.
Saya mengasumsikan kita adalah orang awam yang baru mau masuk ke dunia programmer, entah karena panggilan jiwa, sebatas obsesi atau mengais keuntungan dari membuat program.
Pada suatu ketika pada saat ini ada teman bertanya, “Bagaimana menjadi programmer?”. Pertanyaan yang bagus karena saya menganalogikan pertanyaan ini dengan “Bagaimana dan dari mana saya memulai menjadi programmer?”. Saya tidak ingin membebani dia dengan jejalan jawaban yang membuat dia mundur karena di negeri ini memang harus banyak developer untuk membangun aplikasi.
Sebenarnya, kawan. Ada dua alternatif pendekatan yang bisa kita lakukan, yaitu
• Learning By Doing (Belajar dengan mencobanya/melakukannya – nya disini adalah programing) atau otodidak
• Pergi ke tempat kursus, dan saya nggak bahas mendalam kali ini.
Kalau misalnya kita adalah orang yang suka mencoba – coba dan berjiwa nekat pilihlah otodidak. Membeli buku, menginstall sendiri development software yang kita ingin pelajari (saya juga mencoba-coba), ikuti contoh yang ada di buku tersebut dengan cara
mengetik ulang,
memahami bagaimana struktur dari bahasa pemograman yang ingin kita pelajari.
Otodidak berarti tidak gampang menyerah, ketika ada error yang kita temukan maka kita mencari tahu melalui help file, forum, milis, atau website yang berisi tutorial – tutorial mengenai bahasa pemograman yang kita pelajari. Pada zaman ini sudah ada Mbah google pergunakanlah dengan sebaik–baiknya karena search engine tersebut memiliki banyak link – link yang membantu kita untuk mengembangkan pengetahuan kita mengenai programming.
Buatlah program secara serampangan, tidak usah memahami dengan detail bagaimana alur program jalan dengan benar. Yang penting aplikasi pertama atau kedua kita bisa keliatan berjalan dan tidak ada error. Pasti ada rasa bangga ketika kita telah berhasil membuat aplikasi kita sendiri, puaskan kebanggaan itu karena kita pantas untuk itu.
Buka kembali source code aplikasi kita tadi, lihatlah dengan teliti, apa yang kurang dan apa yang salah dalam aplikasi kita ini. Sekarang, kita tambahkan komentar pada aplikasi kita tadi agar kita terlatih untuk membuat dokumentasi yang baik.
Saya sendiri tidak menyarankan untuk mengoprek open source software karena terlalu kompleks bagi programmer pemula, kalau mau melakukannya silahkan saja karena tidak ada larangan untuk hal ini.
Saya selalu menekankan pelajari komponen – komponen dalam membuat program seperti kondisi, operator, keyword, tipe data, dan format dari bahasa pemograman. Kenapa? karena tidak selamanya kita akan berada dalam bahasa pemograman tersebut. Be Flexible Programmer, that would be wiser.
Pada suatu waktu kita akan menghadapi masa di mana kita harus kenal dengan hal baru seperti database programming, socket programming, device programming, web programming, dan seterusnya. Kita sudah punya bekal paling dasar dari seorang programmer, kita punya logika yang terlatih dan kita punya jiwa mau belajar lagi.

lalu apa Langkah langkah seseorang dalam mengawali menjadi programmer?
awalan pertama banyak mencoba contoh-contoh program dan dalam satu hari kita belajar java sekitar 5 sampai 6 jam untuk memahami dan buatlah jadwal untuk anda belajar memahami sintax-sintax dan fungsinya. Tetapi jika anda mahasiswa yang lebih beruntung mendapatkan mata kuliah java, bagaimana untuk memahami java?? karena jika hanya mengandalkan dosen mengajar, saya kira tidak akan faham, jika kita tidak pelajari lagi. karena kita kuliah hanya membahas poin-poin penting saja karena keterbatasan waktu untuk menjelaskan semua fungsi sintax. Dari mana agar mendapatkan ebook-ebook java dengan berbahasa indonesia, saya kira banyak sekali web/blog yang menulis java, tetapi ada tuntunan belajar java yang cukup komplit ebook-ebook dari JENI, tinggal anda cari di sodara kita Mbah Google. Lalu apa kedepanya jika kita sudah mahir java dan apakah mudah untuk mendapatkan kerja, wahh sudah mahir saya kira tidak akan sulit untuk bekerja, karena sekarang hingga 5-10 tahun diperkirakan sudah menggunakan aplikasi-aplikasi java. karena java punya banyak kelebihan dari program-program lain.

ohh ... ya ada yang terlupa bagaiman kita mendapatkan software javanya?? sun menyediakan softwarenya tinggal anda download secara gratis di sun. tetapi jika anda kesulita menggunakan notpad, anda gunakan saja JCreator untuk membuat programnya, asalkan JDK-nya sudah terinstal baru install JCreatornya.

DO YOU KNOW ABOUT HACKER ?
Buat temen-temen yang baru di dunia Cyberspace atau dunia maya, pasti bertanya - tanya apa sih itu hacker? Makanan daerah mana sih? haha :)
Hacker itu sama seperti Programmer, mengacu pada seseorang yang punya minat besar untuk mempelajari sistem komputer secara detail dan bagaimana meningkatkan kapabilitasnya. Besarnya minat yang dimiliki seorang hacker dapat mendorongnya untik memiliki kemampuan penguasaan sistem yang diatas rata-rata kebanyakan pengguna. Jadi, hacker sebenarnya memiliki konotasi yang netral. Di masyarakat umum, istilah hacker ini banyak tersalahgunakan atau rancu dengan istilah Cracker Khususnya ketika pembahasan mengarah kepada kejahatan. Dimana istilah untuk penjahat yang mereka maksut sebenarnya adalah Cracker. Ada yang mengira Pembobol Password seseorang adalah Hacker, jadi negative-name buat hacker. Padahal Hacker adalah seseorang yang hanya ingin menguasai sistem komputer secara mendetail. Jadi Hacker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem operasi, membuat program bantuan untuk dunia jaringan dan komputer.Hacker juga bisa di kategorikan perkerjaan yang dilakukan untuk mencari kelemahan suatu system dan memberikan ide atau pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan system yang di temukannya. Dan Cracker sedangkan cracker adalah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan system dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari system yang di masuki seperti: pencurian data, penghapusan, dan banyak yang lainnya.

TINGKATAN HACKER :

Ternyata Hacker juga mempunyai tingkatan-tingkatan, tiap tingkatan di bedakan dengan kemampuan dan ilmu yang dimiliki sang hacker :

1.Elite
Ciri-ciri : mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai "suhu".

2.Semi Elite
Ciri-ciri : lebih muda dari golongan elite, mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya), kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit.

3.Developed Kiddie ( Dalam Perkembangan )
Ciri-ciri : umurnya masih muda (ABG) & masih sekolah, mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya, umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.

4.Script Kiddie
Ciri-ciri : seperti developed kiddie dan juga seperti Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.

5.Lammer
Ciri-ciri : tidak mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai "wanna-be" hacker, penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS, suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie, atau script kiddie saja.

inilah yang selalu dicari dan dipelajari Hacker apa dan bagaimana itu bisa terjadi. Misalnya saja cara-cara


1.) Melacak Seseorang melalui Kode Area dan Nomor HP
klik di sini Download dan dapatkan Tutorialnya.

2.) AntiVirus SMADAV PRO v7.5
klik di sini *Serial Number bisa untuk versi diatasnya.

3.) Email Bomber
Download di sini
http://www.ziddu.com/download/6965078/EmailBomber-Pedasmaniscinta.rar.html
klik di sini untuk lebih lanjut mengenai tool ini.
_________________________________________________________________________________


Beberapa ini alamat software free baru yang dapat teman-teman download :
Browsers And Plugins
Firefox 4.0 Beta 2
Google Chrome 6.0.472.11 Beta
Opera 10.60
Safari 5.0.1
Internet Explorer 8.0
Adobe Air 2.0.2.12610
Avant Browser 2010 Build 102
Flock 2.6.1
K-Meleon 1.5.4
Maxthon 3.0.15.300 RC
Netscape 9.0.0.6
SeaMonkey 2.0.6

Messanging And Chat
Yahoo! Messenger 10.0.0.1270
Windows Live Messenger 2010 Beta
mIRC 6.35
AIM 7.3.6.4
Skype 4.2.0.169
Anti Virus
AntiVir Personal 10.0.0.567
Avast! Free Antivirus 5.0.594
AVG Anti-Spyware 7.5.1.43
AVG Free Edition 9.0.851
Kaspersky Anti-Virus 11.0.1.400
NOD32 AntiVirus 4.2.58
Norton AntiVirus 2009 16.5.0.134

Audio And Video
Adobe Media Player 1.7
K-Lite Codec Pack 6.20 (Full)
GOM Player 2.1.26.5021
Media Player Classic 6.4.9.1
QuickTime Player 7.66.71.0
Real Alternative 2.02
Winamp 5.581 Full
Windows Media Player 11.0.5721.5262
VLC Media Player 1.1.2
Zoom Player 5.0.2
SUPER v2010 build 38

CD And DVD Tools
Nero BurnLite 10.0.10500
Nero Multimedia Suite 10.0.13100
ImgBurn 2.5.1
DAEMON Tools Lite 4.35.6
CloneCD 5.3.1.4
IsoBuster 2.8
ratDVD 0.78.1444
PowerDVD 10.0.1830

Compression And Backup
WinRAR
WinZip 14.5.9095
PowerArchiver 11.63
PeaZip 3.2.1
O&O DiskImage Express 4.1.47
PC Inspector File Recovery 4.0
TUGZip 3.5.0.0
WinAce 2.69

Dekstop Download
Google Desktop 5.9.1005.12335
Yahoo! Widget Engine 4.5.2
Y'z Dock 0.8.3
WindowBlinds 7.1
TaskSwitchXP 2.0.11
Samurize 1.64.3
RocketDock 1.3.5
Rainlendar 2.7

Firewall And Security
KeePass 1.17
AxCrypt 1.7.2126.0
Password Safe 3.23
Sygate Personal Firewall 5.6.2808


Tutorial Download Software Free
1. Setelah Anda didirect ke alamat software-free

2. Lihat, gambar DOWNLOAD LATEST VERSION sebelah kanan atas.
3. Setelah anda klik Tulisan di atas, Anda akan didirect ke halaman seperti gambar di bawah:


4. Setelah itu Klik tulisan 'If not then please click this link' *yang dilingkari garis merah.
5. Tunggu beberapa detik akan keluar kotak save-open , save untuk menyimpan.
__________________________________________________________________________

Tidak ada komentar: