Kamis, 27 Juni 2013

bukan orang kecil, cuman manusia biasa

Ini nih, pemandangan aku selama di jogja, terutama di Borobudur. Walau udah lama, aku kangen kesana. Naik ke sana, muka gosong parah, jalan yang awalnya panas terik malah hujan lebat, dan lain lain nya lah. Tapi aku bukan mau ngebahas itu. Aku ngebahas, sekitar kita. Iya, ini biasa kita temui dimana aja, mau dikupang, Surabaya, jogja, bali, Jakarta, atau manalah. Pasti ini ada. Penjual kaki lima atau apalah itu. Pasti ada kan ya.
                Beberapa gambaran itu adalah  penjual yang aku temui di Borobudur setelah turun dari sana. Banyak banget astaga. Bukan hanya 10. Bahkan ratusan! Tapi mereka ngejual paling nawar doang dan santai. Gak kayak pemandangan di awal masuk Borobudur. Astaga. Itu penjualnya ngejar ngejar-_- di satu sisi aku seneng dikejar. Tapi makin lama kok annoying ya, apalagi mama pernah tuh beli topi. Dikejarlah sama semua orang. Ugh. Tapi disitu aku akhirnya ngerti rasanya artis kalau dikerubutin. Apalagi suju pas mau konser, pasti kaburnya lewat terminal lain supaya jangan dikerubutin sama elf. Ini nyambung kemana sih-_-
                Kemudian, dari sini juga akhirnya aku tahu kalau nyari uang tuh gagampang tjuy. Kirain daun apa metik metik. Sekaya apa pun seseorang, itu pasti dibelakangnya kerja keras. Korupsi juga kan. Kerja keras disogok atau nyogok, kerja keras kabur dari kpk, ending endingnya? Merasakan dingin nya penjara. Walau yang ngebedain itu kekayaan sang korupsi itu dari hasil kerja kilat. Usahanya kecil, tapi korupnya gede. Lihatlah pak chairil tanjung, bolehlah dia kaya sekarang. Dulu? Kerja keras dulu. Jadi hidup itu gak gampang! Makanya gunakan uang sebaik mungkin, selama kita itu masih dikasih kesempatan jadi orang mampu, dan bukan sekarang kita berusaha bekerja. Tapi someday, setelah kita gede nanti itu kewajiban. Masa udah gede masih dibeliin? Astaga
                Ketiganya, aku bersyukur orang tua aku pekerjaan nya bisa sebagus –walau bukan kayak di cerita orang bahagia itu ayahnya selalu pejabat perusahaan- dan setidaknya bisa ngesekolahin aku dan adik kecil aku itu yang tengil., bisa ngebahagiain kita, dan hidup tanpa kekurangan. Bayangkanlah kalau seandainya itu orang tua kita dan gak ada namanya sekolah, gak ada tempat tidur empuk. Semua hilang. Gak mau kan? Ngebayangin aja ngeri, makanya bersyukurlah. Udah dikasih mama papa yang sempurna, bersyukur. Jangan ngebash orang tua. Jangan kayak fandom antar fandom ngebash sampai mulutnya gak dijaga. Bentar… ini ngomong apasih-_-

                Bahagialah karena kita gak diposisi mereka sekarang. Peduli lah pada sekitar kita. Walau mereka pedagang, bukan berarti mereka kaum rendah. Hey yo, ini bukan era prasejarah ada perbedaan derajat. Kita sama sama memijaki dunia yang sama, Indonesia yang sama, dan tentu kita makan nasi walau banyak lebih suka singkong(?). hargai, apresiasikan mereka, dan jangan anggap mereka rendahan. Udah, itu aja. lagian mereka juga punya hak hidup di negeri kita, selama mereka gak melanggar apa yang sudah ada. Hihi, macam pejabat aja aku ini-_-

Tidak ada komentar: