Rabu, 03 November 2010

Tips saat inggin menulis

Hai..
Bagaimana hari harimu? Menarik? Atau membosankan?
Semoga selalu menyenangkan ya?? =)

Hari ini, aku mau ngepost tentang sesuatu yang menarik ..
Yaitu “Saat Inggin Menulis”

Menulis merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk mengasah kemampuan berbahasa kita, memberi pelajaran atau materi pada orang lain
Agar lebih gampang menulis, syaratnya hanya ini =
1) Janggan terpengaruh akan waktu
Saat Kamu diminta untuk Menulis , jangan melihat pada tanggal pengumpulan tugas tersebut
Ex.:
Tanggal pengumpulan : 27
Tanggal hari ini :01
Daripada kamu lupa / sibuk, lebih baik kerjakan dulu tugasnya walaupun hari penggumpulanya masih lama. Dengan begitu, kamu tidak perlu susah susah mengingat tentang tugas tersebut. Kalaupun lupa, tidak perlu dipusingkan. Yang penting kan sudah mengerjakannya?
2) Sesuaikan dengan tempat yang cocok
Kamu pasti sangat senang jika berada di tempat yang disukai seperti Tempat hiburan atau lainya. Jika bahan tulisanmu bertema berbelanja, kamu bisa nongkrong di mall, toko, atau yang lainya. Kamu melihat apa yang orang orang lakukan. Pasti kamu akan mendapat inspirasi untuk menulis.

3) Ditambahi dengan pengalaman pribadi
Bercerita akan lebih menyenangkan jika ditambahkan dengan pengalaman hidup. Tetapi, semoga saat kamu bercerita bisa mengganti nama tokoh tersebut. Karena bisa saja sang pembaca yang memiliki masalah denganmu kembali marah karena masalah kalian dipublikasikan atau di ceritakan pada semua orang. Otomatis lah.. kalau tulisan kita bagus, so pasti guru atau siapapun akan memajangkan nya.. jadi tersebar deh,,…. Makanya dia bisa marah karena kamu bisa menjelakan namanya
4) Diiringi musik
Kamu bisa belajar dengan musik? Yang bisa angkat kaki. Hehehe.. kalo kamu bisa, putarlah music saat kamu belajar tapi perlu ditegaskan putar musiknya di tempat tertentu aja. Kayak kamar, atau tempat tempat dimana kamu sendiri. Jangan kamu mutar musik dikelas. Itu namanya bukan cari inspirasi. Tapi cari gara gara. Putar music juga bisa mengubah mood kita sesuai jenis lagu. Kalo sedih, mood kita jadi sedih, penggen nangis.. kalo ceria, kita bisa ceria, bersemangat. Enak banget loh! Apa lagi pake headset. Bass dan suara lagu tersebut merasuk ke dalam diri menjadi emosi yang baik. WOW!
5) Bacalah beberapa reverensi
Kamu binggung? Kamu bisa membaca tulisan seseorang atau siapapun untuk menjadi inspirasi. Contohnya kamu membaca cerita tentang malin kundang. Bisa saja kamu merubah si tokoh malin kundang menjadi modern. Kamu juga bisa membaca cerita di majalah majalah yang berisi faction / tales yang menarik. Akan menarik sekali! Tetapi sekalipun JANGAN PERNAH MENIRU TULISAN ORANG LAIN. Karena, itu hasil karya mereka, privacy mereka. Boleh sih mengikutinya. Tapi jangan semuanya kamu copy. Itu namanya pembajakan. Oke?

Itu aja,ya? Aku udah kehabisan ide. Hehehe.. inspirasi tadi betul betul menguras tenaga. Jadi maaf kalo banyak salahnya, dan kalo (menurutmu) masih kurang, silahkan comment aja.. nanti akan ku koreksi lebih baik lagi.

Terimakasih atas perhatiannya

Keep coment (terkhususnya pak tonny)

With Indonesia child Spirit, we say

“Cintai karya anak negeri, BRO!”



Meiske olga putri samdoko



Tidak ada komentar: